Depok Menulis



Well, hai hai hallo semua pembaca. Berjumpa lagi nih di blog. Minta maaf yaaa udah lama ga menulis, hehehe.

Di postingan kali ini saya mau cerita tentang Depok Menulis, sebuah workshop yang baru saja saya ikuti sekitar 2 minggu yang lalu.

Seru banget lhoo. Ga menyangka bisa ikutan juga sebenernya.. Jadi inilah beberapa poin menarik dari Depok Menulis baik sebelum, saat berlangsung, maupun sesudahnya.

Sebelum :

Jadi sebelum Depok Menulis ini sebetulnya saya bimbang (ceilee) antara ikutan kegiatan Depok Menulis ini atau workshop online kepenulisan dari Cahyadi Takariawan. Buat yang belum familiar, Pak Cahyadi ini udah banyak menulis buku bertema keluarga, ataupun yang bertema keislaman. Nah, saya bingung tuh.

Mau ikutan yang Depok Menulis atau yang Pak Cahyadi… Kelebihannya Depok Menulis sih menurut saya kegiatannya offline jadi bisa langsung ya interaksinya. Err, suka butuh juga kan interaksi langsung untuk kepentingan pembelajaran. Jiyeee.

Kalau yang workshop Pak Cahyadi kelebihannya menurut saya sih materi kepenulisannya lengkap bangett. Huhu, sampe terharu gituloh pas baca topik-topiknya.

Cuma menurut saya kekurangannya belajar via online tuh ga ada tatap muka (yaiyalah wkwk). Engga deng, kekurangannya adalah bisa keskip apaan aja sampe males dan ga jadi dikerjain deh tugas-tugasnya (bilang aja kurang motivasi wkwk)

Hingga akhirnya saya memutuskan ikutan workshop Depok Menulis, hihihi. Kenapa coba, pas hari terakhir saya dikirimin email sama panitianya kalau harga tiketnya turun 50%!! Gokiil. Hahaha, naluri emak-emak langsung liar otomatis begitu liat diskonan.

Langsung gercep (gerak cepat) aja tuh transfer dan konfirmasi kehadiran. Wkwk.

Nah, ternyata ujiannya dateng pas hari H-nya.. Saya yang abis dua minggu sebelumnya bolak balik ngurusin anak-anak sakit (ya Ksatria sakit ya Sena juga sakit) tiba-tiba saya juga ikutan sakit, hiks. 

Sedih deh.

Udah mulai ngeridhoin untuk ga dateng ke acaranya tapi masih harap-harap berdoa sama Allah supaya dikasih kesempatan bisa dateng. Soalnya ada motivasi terselubung sih, sekalian me-time jalan keluar tanpa anak-anak. Wkwk.

Jangan nyalahin Jati awas lho, hihihi, saya ga kemana-mana tuh ya bukan karena dikerangkeng di rumah tapi ya ga ada urusan. Makanya dibikin-bikin ya Dey urusan? ;p

Hari H :

Pas hari H acaranya berlangsung jam 1 siang di sebuah kafe di Margonda. Dea senang sekali bisa ke Margonda lagi, hahaha. Segitunya Dey? Iya segitunya. Pas dipikir-pikir sih wajar banget.. Saya menghabiskan 4 tahun berjibaku di UI yang notabene melipir Margonda. Jadi full memory banget setiap jengkal Margonda buat saya, jiyee.

Nah saya kan lagi sakit tuh, pilek batuk, srooot-srooot, ingusan banget deh (jijay wkwk). Minum obat udah tapi masih belum enak. Terus gimana nanti Sena kalau ditinggal, dia kan nyaris ga pernah ditinggal sama ibunya?

Pernah menitipkan ASIP (air susu ibu perah) tapi ternyata gagal, huks. Sena menolak dikasih minum ASIP. Entah deh, tebakan saya sih karena memang ga pernah alias mendadak banget. Jadi dia beneran ga mau apa-apa selain langsung ASI fresh aja..

Duh, udah deh mulai meragu…

Hiks, bisa ga yah bisa ga yah, udah deh ga usah (dea mulai galau). Eh tapi alhamdulillah Jati suportif sekali, dia bilang menyanggupi menjaga Sena jadi saya diminta tetap datang. Waaaa ;”)

Di tempat acara :

Akhirnya saya pun datang ke workshop Depok Menulis. Huhu. Menapaki Margonda lagi ku langsung pengen nulis sejuta puisi. Halah, wkwk. Maksudnya terharu banget gituuu.

Senyum-senyum walaupun sakit, saya turun di seberang kafenya berniat menyebrangi Margonda. Eh, baru sadar kalau semua jalanan Margonda dikawatin jadi harus lewat jembatan penyeberangan (taat peraturan dong dey,wkwk)

Itu padahal badan remuk, kepala pusing, ingus meler, tapi Dea Adhicita tetep lho stubborn parah datengin kafe tempat Depok Menulis menyelenggarakan workshopnya..

Pas buka pintu kafe, saya kaget :

Ternyata kafenya mungil banget,

Ternyata udah banyak yang dateng, kirain saya paling on time (wooo GR deh, hihihi)

Terus ada satu orang peserta mba-mba bercadar gitu. Waaa, saya langsung duduk di sebelah dia, kenapa Dey? Ga tau sih merasa tertarik aja. Hahaha.

Workshop dimulai dan saya berusah mendengarkan. Tapi kalau diinget sekarang sih kayanya saya waktu itu cuma mendengarkan 30% aja deh. Sisanya mumet bin pusing karena flu. Hihihihi. Tapi alhamdulillah seru sih topiknya tentang step-step menulis fiksi.

Bagaimana membuat kerangka cerita.. Bagaimana membuat karakterisasi tokoh… Bagaimana membuat konflik cerita… Bagaimana membuat ending cerita… Bagaimana mengedit cerita….

Waaah, waaaah, saya merasa ga mau pulang. Hahaha. Berasa ikan ketemu kolamnya, saya benar-benar bahagia. Beyond happy malah pokonya :’) :’)

Bisa gak aku gini terus, wkwk. Ya nggak laaah, kowe kudu pulaaang Deyy, Sena nungguin. Hihihi..

Saya ijin pulang jam 3 sore padahal workshopnya belum selesai. Yap, Sena udah menanti di rumah. Praktis dia ga menyusui dari jam setengah 1 pas saya berangkat. Saya memperkirakan saya sampai ke rumah jam 4 sore. Jadi dia sudah berada di ambang hausnya. So I gotta leave now..

Tapi gapapaaaa. Ya Allah beneran deh, gitu aja saya udah bahagia bangettt deh. Bahagia bisa me-time jalan sendiri tanpa anak suami..

Bahagia bisa ketemu orang-orang baru…

Bahagia bisa dapet ilmu baru….

Duh, Allah.. Betapa menyegarkan sesekali begini, hihi. Bisa ga tiap weekend ya Allah? (anak woooy inget anak, wkwk)

;p

Hahaha

Intinya I’m beyond happy & exciting bisa dateng ke acara Depok Menulis. Pesertanya banyak, seru, pembicaranya (Mba Sefry, udah menulis 20 novel) juga hangat dan informatif.

Nah, follow up nya apa Dey? (ini mirip nada bicara seseorang, hmm)

Follow up nya adalah tugas per pekan demi mencapai tujuan 30 hari menulis sebuah novel. Wah! 

Keren banget! Keliatannya aja sis keren, isinya berdarah-darah, huhu. Bayangin aja emak-emak ngeblog aja jarang, nah ini disuruh nulis novel

Huhuhu…

Saya sih yakin gapapa juga ga ngerjain tugasnya, ga bakal dihukum juga (dih kok gitu mikirnya). Tapi ini kesempatan emas untuk belajar…

Saya jadi suka bikin kerangka cerita, wah seru ternyata. Bikin karakter juga seru. Pas banget lah buat saya, demen ngayal & demen ngarang. Hahaha..

Yap, sekian dulu laporan tentang kegiatan Depok Menulis yaa. Hasilnya kapan Deaaa naskah lo jadi?(hmm mirip seseorang)

Naskah yak? Masih proseeessss. Hahaha. Doain plis plis. Pengen banget sih dikenal jadi Dea yang penulis, ya novel ya non fiksi. Plis plis doain emak-emak ini bisa berhasil menelurkan sebuah karya, okey?

(Menelurkan…emangnya situ ayam dey, wkwk)

Tapi tentunya ini sebuah progress yang lumayan lah dey, emak-emak sempet-sempetnya mengejar mimpi menulisnya. Hiks. Ga mudah lhoo di tengah realitas tetep menjaga impian, hiks (mulai deh baperrr)

Walau belum jadi naskah saya, tapi saya mo makasih banget deh buat Jati yang selalu secara sadar dan luar biasa, menjadi suporter utama saya… Dan makasih buat yang udah inget bahwa saya masih punya impian buat jadi penulis, makasiiih semuanya ^^

Semoga kita semua ga mudah menyerah yaa dalam menggapai impian.

Love,

Dea Adhicita

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Depok Menulis"

Comment