Luka Pasca SC

CBI. Pain killer kuuu. Xixixixi.



Assalamualaikum, haii pembaca. Hihihihi.. Hari ini saya mau sedikit cerita tentang bagaimana tata cara perawatan luka pasca SC dan seperti apa rasa sakitnya ya. . Disimak baik-baik yaaa. Uhuy!


Pertama, luka pasca SC itu pasti ditutup oleh sejenis perban yang tahan air. Biasanya dokter kandungan yang memasangnya saat 24 jam setelah operasi. Eh tapi pas operasi SC Ksatria sih yang memasang perbannya suster, hahahaha. Emang banyak ‘keunikan’ sih operasi pertama saya itu. Apa gara-gara cito (mendadak) ya? 



Ah, aku jadi mendadak mellow #lah #kokgitusih #hahaha




Perban anti air yang menutupi luka SC membuat pasien bisa dan seharusnya memang mandi sih. Kalau nggak mandi-mandi, baunya kebayang dong yaaa.. Bisa bikin suami pingsan. Wekekekeke.. Eh tapi jangan salah lhooo. Saya pernah mengobrol sama seorang ibu yang mengaku ngga berani mandi kalau belum 40 hari pasca SC. 



WOW! Lama juga ya.. Ternyata dia pernah punya riwayat jahitan pasca SC-nya terbuka kembali sehingga harus dijahit kembali. 



Aduhh, ngilu ya mak bayanginnya.



Soal jahitan SC yang terbuka kembali ini emang horor banget ya gak sih.. Sepengalaman saya sih saya baru denger 2 orang yang kaya gitu dan dua-duanya pasca SC yang ke-2. NAH LHO DEY.. Huhu ku takuuut.



Terus ga mandi-mandi dong kalo takut? Sayangnya sih saya lebih takut gatel-gatel berkepanjangan daripada jahitan kebuka. Dari sejak masih di RS saya memberanikan diri untuk mandi. Pas googling ternyata si mbah google malah menyarankan untuk ga mandi jabar jebur ngeri merembes ke jahitan. Adududuhhh. Ngeri banget mak! Google malah menyarankan mandi usap-usap pakai handuk basah aja lho. Akhirnya saya mematuhi google aja deh #lah Hahahaha



Kedua, luka pasca SC itu sesungguhnya hanya terlihat segaris aja dari luar. Iya, meyakinkan banget sih. Tapi kalau diinget itu menembus beberapa lapis mulai dari lapis kulit terluar sampai kulit rahim, tetep aja bikin ngilu. Hiiiy. Rasa sakitnya kaya ada silet menempel di jahitan dan secara konstan iseng banget menempelkan sedikit-sedikit gitu. Cekot. Udah. Cekot-cekot. Udah. Cekot-cekot-cekot-cekot. Pain killer-kuuuuu #teriakkePakJati



Rasa sakitnya di luka jahitan pasca SC itu bisa membuat kamu tidak bisa menegakkan punggung. Iya, saking ngerinya berdiri tegak akan membuat nyeri, kamu akan setengah membungkuk di hari-hari pertama SC.. Mirip nenek-nenek? Iya bangett. Hahahaha.



Sebenernya sih di RS udah dikasih pain killer ajaib. Namanya CBI. Harganya juga ajaib, 1,5 juta padahal isinya cuma berapa mililiter gitu kayanya deh. Huh. Dengki niyee ;p Eits, tapi beneran ajaib lhooo. Pain killer ini membuat saya berdiri gagah di hari ke-2. Ibu saya sampai ngeri-ngeri gitu liat saya udah bisa berdiri dan kekeuh mau ke toilet sendiri. Uh, ternyata itu masih efek CBI… Pas pulang ke rumah sih udah habis obatnya, mulai deh sakit pasca SC nya bener-bener dateng. Hiiiiy.




Ketiga, luka jahitan pasca SC ini biasanya akan dijadwalkan untuk dikontrol oleh dokter kandungan kira-kira seminggu pasca operasi.. 



Dulu, pas operasi melahirkan Ksatria, saya operasi di RS X dan 
kontrol di RS Y, dokternya bingung, tapi saya lebih bingung karena operasi Ksatria serba mendadak kan, hahaha.. Kalau pas operasi melahirkan Sena, saya patuh peraturan. Operasi di RS Y dan kontrol juga di sana. Horeeeeee. Xixixixixi.



Kontrol jahitan itu diapain aja Dey? Dibuka perbannya, ditotol-totol untuk cek apakah itu jahitan ada rongga, atau malah worst case-nya ada nanah karena pendarahan terbuka lagi, hiiiy. Habis itu yaudah pulang deh.




Terus hal apa aja atuh Dey untuk membuat luka jahitan pasca SC biar cepat sembuh?




Sejujurnya saya ngga begitu pingin terlihat sotoy dalam hal ini sih, 
lha wong SC baru 2x, coba tanya sama yang SC 5X aja gimana. Hahahaha. Ngga deeng.




Nih yaaa.
-   
-   -Makan makanan sehat. Yap, ini penting banget dalam pemulihan luka apapun. Ngga termasuk luka hati ditinggal nikah sih. Eaaaak. ;p Kamu ih Dey, ditimpuk jomblolillah baru tau rasa lho. 


     Eh tapi beneran, ibu yang melahirkan baik per vaginam atau operasi, makan makanannya wajib yang sehat yaaa. Walaupun pengen banget indomie berbagai rasa pedas yang hits itu, tapi plis sistah, utamakan pemulihan dulu yaaa.


Saya sih pas operasi melahirkan Ksatria dan Sena, sama-sama terbantu banget dengan adanya pembantu di rumah. Iya, mana bisa kuat Dea masak, kan? Xixixixi. Menu-nya pun setiap hari usahakan ada sayur-sayuran yaaa. Iya, iya, ngaku deh, saya ngga begitu suka sayur, tapi tetep ada yang disuka kok. Nah, usahakan makan deh tuh yang disuka.. Kalau saya sih bayam, wortel, tauge, kacang panjang, dll, masih suka kok.


Menurut saya makanan sehat ini salah satu faktor penyembuhan luka jahitan SC sih.. Plus tambahkan protein di menu yaa. Protein kan membangun jaringan tubuh, SC kan merobek perut saya tuh, nah, perlu banget untuk diasup protein banyak-banyak biar jaringannya sembuh yaa. Amiiin
-  
-   - Selalu berdoa. Ih, mainstream banget yak berdoa. Hihihi. Tapi beneran kok, manfaatkan aja waktu sebagai perempuan nifas. 

    Doanya makbul lhoo. Oke banget kan?? Saya pasca melahirkan Sena udah banyak-banyak berdoa sama Allah minta semoga Allah menyehatkan luka jahitan saya agar kembali pulih… Saya juga berdoa banyak-banyak semoga Sena segera puput puser-nya. Tau sendiri kan, ngeri banget bayi kalau masih ada puser berdenyut merah gitu. Hiiy. Alhamdulillah di hari ke-7 (lama atau cepet sih ini?) Sena akhirnya puput juga pusernya. Ah, emak lega, Sen. Xixixixi.



Btw, luka jahitan pasca melahirkan, apapun metodenya, sama-sama membuat perempuan ngeri BAB lhoo. Hihihi. Seenggaknya itu sih yang saya survey dari beberapa orang #cailah.



Iya lah, mau dijahit di vagina atau di perut, yang namanya BAB mah ngeden kan, nah, buat beberapa orang proses itu ngeri banget sob. Huks. Makanya suka diresepin obat pencahar buat memudahkan BAB juga.



Apalagi operasi SC yang membuka dinding perut ya, wah, itu makin menyulitkan aja itu proses ngeden ini. Xixixi. Jangankan yang padatnya, gasnya aja alias kentut, itu aja udah deg-degan lho pas ngeluarinnya. Hahahahahahahah… Bahas ginian banget, Dey? Iya lah! ;p



Alhamdulillah operasi jaman sekarang udah canggih lho. Jadi ngga mesti menunggu kentut pasca operasi seperti operasi jaman dulu. 



Sekarang kalau pasiennya ngga mual dan nga ada efek alergi sama bius yang dipakai, sehabis operasi, dia udah boleh langsung makan dan minum. Ah, leganya… Hehehe. Maklum, sebelum operasi melahirkan Sena, saya puasa makan minum 6 jam gitu. Jadi abis melahirkan Sena, begitu masuk ruang rawat inap, saya langsung minta-minta air minum sama suami. Xixixixi.



Luka jahitan pasca SC ini ada 2 jenis lho. Pada jaman dahulunya, luka ini vertikal, membentang dari bawah pusar hingga tulang vagina. Iya, vertikal aja gitu lho. Serasa literally beneran dibelah perutnya. Huhuhuhu.



Alhamdulillah kalau yang sekarang luka pasca SC nya horizontal di perut bagian paling bawah banget-banget. Kalau saya googling sih itu biar lebih sedikit risiko pendarahannya, dan lebih estetis aja nanti itu lukanya ngga terlalu ngejeblag di perut melintang gitu. Hahahaha. Mungkin maksudnya buat yang suka pakai pakaian terbuka atau pakai baju renang biar ga malu yak. Ahahahaha. Auk dah, tapi saya salut beneran sama yang luka SC-nya vertikal gitu. 



Karena risikonya dengan luka seperti itu lebih lama penyembuhannya dan lebih sakit.





DAN TANTE SAYA ADA DONG YANG SC 3 X DENGAN JAHITAN VERTIKAL




*sungkem sama beliau*



*huks*




Bener-bener yah jihad seorang perempuan. Huks. Tapi kalau liat si tante saya sekarang sih dia bahagia banget lihat anak-anaknya tumbuh dewasa dan pada sholeh-sholehah semua gitu. Amiiin. Jadi ngga berasa gitulah punya bekas luka vertikal literally perut dibelah jadi dua. Huhuhu..

Kira-kira begitulah sedikit sharing saya tentang luka pasca SC, hihihi. Kalau ada yang mau sharing boleh lhoo di komentar saya tunggu yaaa :*


Makasiiih banyaaak para pembacakuuuu. Aku cinta kaliaaaaan….! 

;)


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Luka Pasca SC"

Comment