Ksatria Masuk TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an)



Hai, semuanya! Apa kabaaar? Assalamu’alaikum, ih pasti kangen bangets kaan sama tulisan akyu. Ahahaha. Maafkeun yaaa sudah lama tidak menulis di blog ini, apalah daya ingin begadang menulis blog tapi diri ini sedang hamil hik hik jadilah ditahan-tahan terus keinginan untuk menulis blog dan susyeeh beneer ada waktu di siang hari.

Yak, tapi apapun itu, alhamdulillah bangeet bisa menulis lagi di sini. Hehehe. Kali ini saya mau cerita tentang salah satu milestone yang cukup penting nih di kehidupan Ksatria. Betul sekali, hehe, akhirnya Ksatria dimasukin ke TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) di kompleks dekat rumah lhoo.

Alasan awalnya sih karena teman-teman main Ksatria di sini, di lingkungan sekitar rumah, pada gimanaa gituu. Gimana ya, baik-baik sih. Cuma suka kadang masih berkata kasar dan berperilaku yang bikin saya cenat-cenut. Contohnya cara mereka menertawakan teman yang jatuh, bukannya ditolong, mereka tuh sukaa sekali menertawakan teman yang jatuh. Huhu. Kan kasihan ya.. Terus attitude mereka juga kasar-kasar.

Aduh, kalau habis main sama anak-anak sekitar rumah, Ksatria jadi lebih cepet “panas”. Apa-apa jadi bikin ngambek, bikin emosi, huhuhu. Aku jadi lelah.. Akhirnya setelah berdiskusi panjang lebar sama kakanda Jati, diambil deh keputusan untuk masukin Ksatria ke TPA.

Sebenernya awalnya kita ga tau kalau di kompleks Kemang Swatama deket rumah ada TPA. Soalnya masjid tersebut memang masih direnovasi sejak tahun lalu. Qodarullah pas kakanda Jati lagi sholat di masjid itu, eh pas banget dia liat ada spanduk pembukaan pendaftaran TPA untuk anak-anak. Wow. 

Wow. Berasa didengar bangett doa kita yang khawatir sama perkembangan akibat bergaul sama anak-anak sekitar lingkungan di sini oleh Allah. Hiks

Langsung aja besoknya saya dengan Ksatria berkunjung ke masjid tersebut untuk daftar TPA. Awalnya kita dateng pagi-pagi, udah siap sama fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP saya, sama uang pendaftaran yang saya perkirakan sekitar Rp 300.000. Alhamdulillah bener seperti itu adanya persyaratan masuk TPA-nya. Huhuhu. Kok jadi terharu,, berasa dimudahkan banget sama Allah.

Fyi, ini masjid tempat TPA-nya itu adalah tempat saya menikah sama kakanda Jati. Ahihihihi. Iya iya jadi berasa semakin gimanaa gituu sekarang setiap sore-sore nganter Ksatria ke TPA. Hahaha.. 

Padahal mah ngga ada efek apa-apa ya cyiin. Cuma jadi gerimis aja hati dan bergumam “Ya Allah, masjid ini jadi saksi sejarah kami menikah dan sekarang jadi saksi sejarah pertama kali Ksatria belajar bersekolah. Berkahilah setiap proses kehidupan kami ya Allah”

Hari pertama gimana kakaa? Cukup lancar kok. Ksatria mau duduk bersama teman-temannya di meja panjang a.k.a.lekar yang biasa buat anak TPA itu loooh. Tapi tiap 10 detik Ksatria nengok ke arah saya yang duduk 10 m di bagian belakang masjid. Hihihi. Gapapa kok. Gapapa, Naak. Kamu udah mau duduk dengan tenang aja sebuah pencapaian yang ruaaaar biasaa buat Ayah-Ibu :’)

TPA-nya Ksatria ini cuma 4 hari dari Senin-Kamis. Jadi tidak terlalu padat dan memberatkan anak-anak sih menurut saya. Mulainya juga dari jam setengah 4 sore dan selesai jam 5 sore. Bener-bener saya niatnya cuma mau memberi alternatif kegiatan untuk Ksatria supaya dia mengurangi waktu bermain sama teman-temannya di sekitar sini.

Dan berhasil sih, hihihi..Sekarang Ksatria bermainnya kalau pagi saja lho. Sekitar dari jam 8-12 gitu terus nanti dia makan siang terus bobo siang deh. Alhamdulillaaaah. Beneran lho, lingkungan itu bikin pusing juga kalau terlalu jauh gap-nya sama kita. Hufff. Doain dong, saya sama kakanda Jati lagi berdoa dan berencana pindah dari Cikumpa. Ihiks. T_T Kami mengkhawatirkan nasib anak-anak kami karena di sini lingkungannya masih jahil (bodoh) dan bukan lagi masa-nya kami ingin mengubah lingkungan ini, tapi kami ingin mendidik anak-anak kami dengan lingkungan yang baik (islami).

Iya iya ini bisa jadi 1 topik sendiri jadinya. Pasti akan ada yang berkata “Anak itu harus dididik supaya imun dek, bukan steril..”. Hmm nant deh saya jabarin ya di postingan lain (kapan-kapan) tentang ini. Hihihi.

Lanjut yaa ke topik Ksatria dan TPA-nya.. Di TPA-nya Ksatria diajari membaca Iqro dan menulis garis-garis membentuk huruf hijaiyah. Ada 3 buku-nya. Tapi saya lihat sih guru-guru-nya ngga ada yang memaksa. Artinya kalau anak ngga mau menulis atau memegang pensil ya boleh-boleh saja. 

Kelas Ksatria ini isinya 10 anak usia 3 -5 tahun. Jadi masih wajar lah yaa disuruh nulis eh malah pada lari-larian keliling masjid *tepok jidat*

Ada banyak kejadian lucu sepanjang 4 minggu ini Ksatria sudah masuk TPA. Di antaranya sih obrolan antar saya dan ibu-ibu lain sesama penunggu anak. Adaaa aja yang diobrolin, dari mulai malu-malu, terus kenalan, terus saling kepo, terus saling curhat. Hihihi. Emak-emak ye cyiiin. Rempooooong.

Pernah sih ada yang nanya tentang pendidikan terakhir saya, terus saya jawab “Sarjana Psikologi dari UI, Bu”. Terus ibu yang nanya itu langsung pasang tampang iba sambil bilang “Yaah sayang banget pinter-pinter di rumah doang”

Huhuhuhu… Di saat itulah sodara-sodara, saya ingin berlari di bawah hujan terus pulangnya ngeblog sendu-sendu gimana gitu, hahaha. XD

Pernah juga saya inisiatif untuk bawa Al-Qur’an dan selama menunggu Ksatria 1,5 jam itu saya pakai buat tilawah aja. Hasilnya amazing sih, wkwk, 1 juz bisa kelar. Horaay! Tapi berasa ga enak karena berasa diliatin sama ibu-ibu yang lain. Huks. Itu mah lo aja yang minder kali, Dey. Hahaha. Iya kali, tapi besok-besoknya saya kombinasi deh akhirnya, ya tilawah ya ngobrol. Maklum yak, Dea anaknya ga tahan kalau ga ngobrol juga sih. ;p

Beberapa kali ada momen galau sih pas liat Ksatria di TPA. Galau apakah benar yaa keputusan saya dan kakanda Jati buat masukin Ksatria ke TPA..Huff. Pertama, galau pas liat Ksatria latihan sholat diajarin guru-gurunya.

Kok anak diajarin sholat kamu galau kak? Iya galau, nanti setiap Ksatria sholat , pahalanya mengalir buat guru-gurunya dong. Bukan buat kami, orang tua-nya. Hiks. Iya kan? Terus jadi galau, itu gerakannya sudah sesuai belum ya sama sifat sholat nabi? Duh, itu buku sifat sholat nabi dari kapan udah kakanda Jati suruh saya buat mengkhatamkan tapi ga khatam-khatam, sis! Wakaka >,<

Terus galau berikutnya pas Ksatria lagi moody dan ga mau sama sekali baca Iqro. Wah, akhirnya saya merasakan juga yak, anak mogok dan maunya nempeeel aja emaknya. Duh, itu rasanya malu dan kesel lho sodara-sodara. Iya, disemangatin sama ibu-ibu yang lain untuk bersikap sabar dan biarin aja namanya juga masih kecil. Tapi kan tetep aja lho ada perasaaan kesel dan malu. Huhu, kok anak gue tumben sih mogok.

Terus galau juga karena udah 4 minggu ini berjalan tapi Ksatria masiih aja mengulang di halaman yang sama baca Iqro-nya. Hahaha, saya baru deh merasakan kali ini, jangan-jangan sebenernya emang yang berkompetisi itu para emak-emak ya? Anak-anak mah cuek bae udah sampai halaman berapa itu Iqro tapi emaknya panas hati liat anak lain udah lancar banget baca Iqro-nya. Duh, deaa..deaaa..

Beneran deh, saya jadi menata ulang lagi hati saya, menata ulang lagi niat saya untuk apa saya masukin Ksatria ke TPA ini.. Selain untuk memberi alternatif kegiatan agar gak main sama teman-temannya di sekitar rumah, tapi juga untuk mulai memberi pengenalan suasana sekolah sama Ksatria.

Iya, saya tau tentang teori kesiapan anak masuk sekolah, dan dari beberapa indikator, Ksatria memang belum siap. Seperti kemandirian, motorik halus, dll. Tapi saya pengen tetap dikenalin sama lembaga sekolah, meskipun ini TPA ya lebih sederhana dibanding PAUD ataupun TK.

Salah satu pertimbangan kenapa saya memilih TPA karena waktunya yang sore-sore. Mempersiapkan anak untuk berangkat itu cukup stress lho. Kebayang kalau PAUD dan TK di pagi hari, wah rempong sekali pasti. Ayah berangkat dan anak berangkat, bisa-bisa rumah panas tiap pagi. Saya masih menikmati kegiatan bebas setiap pagi bersama Ksatria sambil menyiapkan indikator kesiapan sekolah. Oiya, saya juga baru baca buku tentang parenting yang berjudul “Sebening Perigi Ananda”, di buku itu disebutkan tentang ketidaksabaran orang tua dalam melihat tumbuh kembang anaknya.

Hiks, iya sih, bener jugaa. Kadang yang ga sabaran itu orang tua-nya. Padahal beneran lho setiap hari setiap bulan anak itu mengalami perkembangan, sekecil apapun itu dia berkembang.. Cuma kadang kita orang tua-nya udah paranoid duluan. “Kok anak saya belum bisa ini, belum bisa itu, sementara anak yang lain udah bisa?”. Ngaku juga kok, saya juga masih sering berpikir kaya gitu.

Huff. Makanya akhir-akhir ini kalimat favorit yang saya lontarkan ke kakanda Jati adalah “Why parenting is so damn hard?” :’(( biasanya diucapkan sambil nangis dan minta peluk. Jiye, wakaka. 

Abis itu pasti diambil alih deh itu hal yang bikin saya pusing oleh kakanda Jati. Biasanya sih berkisar itu-itu lagi : meminta Ksatria pipis + sikat gigi sebelum tidur.

Okaaay kembali ke TPA, hihihihi.

Kadang kalau lagi galau karena Ksatria masih mengulang halaman Iqro yang sama, saya suka inget-inget keunggulan Ksatria. Dia udah hafal Al-Fatihah. Iya, hafal seluruh ayat Al-Fatihah. Langsung deh saya tenang lagi , meski udah ditegur sama guru Ksatria untuk mengulang huruf A-Ba-Ta-Tsa di rumah. Hahaha

Sekarang apa aja sih benefit yang saya rasakan sejak masukin Ksatria ke TPA?
-         1.  Ksatria jadi lebih positif sih mood-nya kalau sore-sore. Asli deh berasa banget. Aura masjid memang ga bisa bohong ya cyiin ditambah mempelajari Al-Qur’an..Yaa walau masih mengulang halaman itu-itu aja hihihi yang penting tekad-nya kan cyiin
-          2. Guru-guru TPA Ksatria lembut dan pada jago banget ngemong anak kecil. Wah, beneran deh saya jatuh cinta pada pandangan pertama pas kenalan sama ibu kepala sekolah TPA dan ibu guru kelas-nya Ksatria. Orangnya berasa banget pancaran ketulusannya dalam mendidik anak-anak. Aaaw ;D
-          3. TPA -nya Ksatria ini fully disupport sama DKM masjid-nya lho.. Beneran deh Masjid Al-Muhajirin Kemang Swatama ini DKM-nya keren banget. Asli. Menghidupkan masjid secara maknawi banget.. Saya suka sama masjid ini dari dulu sih makanya nikah juga di sini. Hohohoho

Semoga Ksatria bisa belajar banyak yaa dari kegiatan TPA-nya ini. Ibunya ga muluk-muluk kok. Pendidikan anak itu selalu bermula dan bermuara pada orang tua dan di rumahnya sendiri. Saya dan kakanda Jati masih meyakini hal tersebut. Semoga Allah merahmati setiap keputusan kami dalam mendidik Ksatria yaaa. Huhuhu.

Sampai ketemu di postingan selanjutnya~~Dadah bye bye


Masjid Kemang Swatama tempat TPA Ksatria


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ksatria Masuk TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an)"

Comment