Selamat Hari Ibu!

Image result for hari ibu


Selamat merayakan hari Ibu hai para Ibu di seluruh Bumi. Kalian adalah cahaya pertama, sekolah pertama, cinta pertama bagi seluruh manusia. Kalian adalah telaga pertama yang meneduhi jiwa manusia sebelum tercabik keringnya rutinitas akhir zaman. 

Selamat mensyukuri menjadi Ibu hai para Ibu di seluruh Bumi. Kalian adalah harta terbesar peradaban manusia. Kalian adalah tonggak kesejahteraan seorang manusia sejak lahirnya.

Selamat hari Ibu, hai Ibuku dan Ibu suamiku. Dua orang Ibu yang kuyakini dan kuinsyafi sebagai dua orang Ibu yang paling terbaik di penjuru dunia ini. Dua orang Ibu yang melambangkan pertentangan sekaligus kenyataan Ibu pada masa kini : antara di rumah saja atau bekerja di luaran rumah.

Ibuku adalah pekerja sejak usianya 19 tahun, merintis pekerjaan semata bukan karena keinginan aktuliasasi diri sungguh, hanya keinginan meluangkan ilmu sederhananya tentang pertanian dan memberi biaya pendidikan yang layak bagi kedua putrinya agar lebih baik dari dirinya. Aktualiasasi diri adalah kebutuhan yang bertumbuh mungkin hanya pada generasi putrinya tetapi pada generasinya dahulu itu bekerja adalah kelaziman bagi hampir semua perempuan.

Ibu suamiku adalah ibu di rumah sejak masa menjadi istrinya dimulai hingga hari ini. Membersamai anak-anak per detik, melayani suami segenap hati. Membahagiakan rumah tangga dengan akhlak berbunga terhadap para tetangga, hingga kini beliau selalu mendapat tempat spesial di mata para tetangga dan keluarga. Sungguh rasa bosan adalah langka dia jumpai karena kecintaannya yang membuncah dan harapannya akan masa depan anak-anaknya.

Selamat hari Ibu hai seluruh perempuan yang telah melahirkan. Allah tiada pernah salah memilih rahimmu sebagai tempat bertumbuh seseorang. Bersyukurlah atas rahim yang terisi jabang bayi sebab kesuburan adalah hal yang tiada semua perempuan mendapatkannya. Bahkan Aisyah istri Rasulullah pun Allah uji dengan ketiadaan anak hingga akhir hayatnya. Sebab anak adalah hak Allah pada hakikatnya. Sebab rahim kita adalah bukti kekuasaan Allah dalam setiap maknanya.

Maka bersyukurlah hai Ibu…

Selamat hari Ibu hai perempuan yang sedang menapaki jalan terjal bernama dunia pengasuhan. Meskipun bisa jadi kalian tidak pernah merasa ada yang spesial dengan hari Ibu. Tetapi berbahagialah atas syurga yang terletak pada telapak kakimu. Tetap yakinlah menapaki hari-hari pengasuhanmu meski naik-turun keimananmu mempengaruhi karakter anakmu.

Selamat hari Ibu hai seluruh perempuan, sebab tiada yang mustahil dengan doa. Doaku untukmu yang masih berjuang untuk menjadi Ibu. Melalui proses yang tidak mudah, menghabiskan dana yang tidak sedikit, tetapi tetap yakinlah seluruh ikhtiar ternilai di sisi Allah…

Selamat hari Ibu hai perempuan yang menapaki usia senja, berdiam diri melewati detik yang semakin melambat, menunggu kunjungan anak cucu. Atau sekedar menunggu memori datang secara benar sebab kelupaan semakin menjadi sahabat dekat. Para Ibu yang bersabar setelah merawat anak-anaknya dahulu dan kini bersabar atas keadaan masa tua yang penuh keluhan penyakit. Salam sayangku untuk kalian..

Selamat hari Ibu untuk para perempuan yang masih sendiri, menapaki jalan sunyi penantian jodoh. Mengharu biru membayangkan kapankah saat itu tiba, saat untuk menjadi seorang istri, saat untuk menjadi seorang Ibu. Selalu ada keyakinan bersama Allah. Teruslah mengharap kepada-Nya suatu hari kelak rahimmu akan Allah muliakan dengan kehadiran anak-anak tersayang.

Selamat. Selamat untuk kehadiranmu hai para Ibu di dunia ini. Telah menjaga kesucianmu hingga ijab qobul. Telah menjaga rahimmu agar senantiasa suci hingga waktunya tiba. Telah menggigit kesabaran dalam menapaki detik-detik saat melahirkan anak-anakmu. Telah berpeluh saat membesarkan satu demi satu tahapan perkembangan anak-anakmu, dan bahkan masih mengkhawatirkan mereka setelah mereka menjadi dewasa di jalan kehidupan masing-masing.

Begitulah nafas cintamu para Ibu, berkutat melingkupi anak-anakmu dengan kasih sayang dan cinta setiap detiknya. Ingin untuk selalu membersamai anak-anak tetapi sungguh rasa lelah dan penat terkadang bisa datang juga lalu amarah memuncak dan rasa penyesalan berselimut di dalam kalbu…

Bersabarlah hai Ibu..

Selamat menginsyafi peranmu lebih baik lagi hai para Ibu. Sebab anak-anakmu bukan milikmu, mereka sejatinya adalah amanah dari Allah yang akan Allah tanyakan bagaimana pengelolaannya. 

Maka selalu memohon petunjuk untuk membesarkan mereka di hadapan Allah dalam cara pengasuhanmu adalah satu-satunya cara untuk selamat dari murka Allah.

Selamat hari Ibu, duhai perempuan. Karena kamu-lah seorang manusia terlahir ke Bumi, sebab upayamu-lah seorang manusia menjadi tumbuh dewasa

Selamat menikmati apresiasi di hari Ibu ini hai seluruh Ibu. Tetap apresiasi dan balasan terbesar akan selalu menantimu di sisi Allah : jannatul firdaus. Amiin Allahumma Amiin :’’’)

Image result for hari ibu




-ditulis untuk menyambut hari Ibu, Depok, 22 Desember 2016-



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Selamat Hari Ibu!"

Comment