Cikumpa’s Project Tebar Busana Muslimah


Hai, Assalamualaikum dimanapun kamu berada pembacaku tersayang :* Maaf baru muncul lagi. Kali ini mau cerita tentang pelaksanaan salah satu impulsifitas bermanfaat saya (ahahaha). Yap, awal mula ide pelaksanaan acara ini sebenernya sih impulsif.

Sering amat lo Dey impulsif gitu. Alhamdulillah impulsifnya baek-baek ye kan kegiatannya *jumawa*. Hihihihi. Ngga deeeng. Itu mah ilham dari Allah yang Maha Membolak-balikan Hati aja. 
Sedetik galau, sedetik kemudian produktif kan bisa aja ya kak. Hihihi.

Makanya kalau lagi sadar, buru-buru deh saya mohon ide sama Allah hal-hal bermanfaat apa lagi yang bisa saya lakukan. Nah, saya ingat betul nih, pas dapet ide acara tebar busana muslimah ini saya lagi siang-siang tuh. Waktunya menemani anak bermain tanpa henti tanpa jeda. Hanya Upin Ipin yang bisa memberi jeda bagi Ksatria (hahaha..)

Saya dapet ide, bagaimana kalau saya mengumpulkan baju-baju muslimah yang bekas tapi masih layak pakai untuk ibu-ibu sekitaran rumah saya.. Kan pas banget waktu itu sebulan sebelum Ramadhan. Saya sih mikirnya pasti temen-temen saya beli baju untuk Lebaran ya minimal ada baju dari Lebaran lalu yang udah ngga begitu disuka, nah itu tuh yang saya pengen minta buat tetangga saya, hihihihi.

Yaa memang sih beberapa tetangga saya ada yang berpunya alias orang mampu, tapi mayoritas tetangga saya sih kontraktor (orang yang ngontrak, hihi) gitu looh. Bajunya itu lagi itu lagi, huks. Makanya saya terpikir untuk mengadakan acara ini.

Pas banget suami saya dukung 100% dan langsung buatin pesan untuk disebar di WhatsApp. Duh, kok ya punya suami gitu-gitu amat yah, udah sholeh, lembut, mendukung banget potensi istrinya lagi *berusaha merayu* *padahal tau ga bakal dibaca* *baca kok blog istri gituloh* *iya kalo disuruh baru dibaca* *HAHAHAHAHA*

Saya dan suami pun menyebarkan pesan ajakan nyumbang baju muslimah ini ke segala penjuru. Lebay ya? Tapi responnya luarbiasa banget. bangeeedh. Saya sampe megap-megap tiap hari digedor-gedor abang JNE anterin paket baju. Hahahaha aku senaaaangg.

Awal mulanya saya terima-terima aja ngga disortir, ngga dicatet siapa pengirimnya. Terima aja dan langsung taro sembarangan di kamar. Pas suami pulang, langsung dikasih brifing soal tatalaksana kegiatan sosial *ceileh*. Harus rapih, terkoordinir, diupdate setiap hari. Khanmaen pokonya sodara Jati dah :*

Langsung deh malemnya saya sortir itu gunungan baju. Susah, Dey? Susah banget kakaaa. Nih tampak foto gunungan bajunya


Gunungan baju menunggu disortir. Ntar dulu, minum aer dingin dulu aah ;p

Hahahahaha buanyakkk bangeeeet kaaan. Tangan sampe gempor. Setiap setengah jam sekali minum aer dingin dulu. Terus rayu-rayu Jati biar gantian tapi apa daya rayuan gagal wkwkwk. Itu gunungan baju akhurnya bisa selesai disortir jadi 3 (busana muslimah, rok, jilbab) pas besoknya. Huwaaah. Thanks banget lah buat sepupu-sepupu dan tante saya yang dateng dari Citayam yang udah bantuin. hhihihi. Ini mah jadi project sosial keluarga nih bukan saya doang :P

Nah, pas pelaksanaannya juga subhanallah menantang banget gan. Ga nyangka jadi rada ribet dan penuh impulsifitas disana-sini. Wkwkwk

Awalnya saya merencanakan mau melaksanakan acara tebar busana muslimah ini di akhir pekan pertama kali di bulan Ramadhan, itu jatuh pada tanggal 12 Juni. Nah, ada ide untuk di hari kerja aja jangan di weekend , jaga-jaga kalau weekend itu orang pada buka puasa di luar sama keluarga. Dan supaya sepupu saya pada bisa dateng bantuin sih :P

Eh, tapi seorang tetangga saya curhat kalau dia akan mudik tanggal 10, jadi bisa ga acaranya dimajuin. Waduuuh, berasa EO Konser aja yak, bingung, dimajuin ga yah (haha). Konser dari Hongkong :P

Akhirnya karena saya penuh welas asih dan sayang tetangga, saya majuin lah itu acara jadi hari Rabu tanggal 9 Juni. Sebagai persiapan, sehari sebelumnya saya mendatangi rumah pak RT dan pak RW rencananya mau ijin gituh. Eh udah ke rumahnya dan ga ada yang keluar udah salam 300x, huhuhu. 

Maklum bulan puasa pagi-pagi suka sepi yaa , mungkin pada istirahat abis sahur dan sholat subuh.
Nah sepulang dari pak RT dan pak RW, saya didadatengin tetangga yang bilang mau liat-liat baju. Duh, bukannya saya udah bilang besok yak? HEUUUU DASAR IBU-IBU AH~~

Ibu-ibu Cikumpa lagi milih baju :')
Dan terjadilah pemirsaaa, acara tebar busana muslimahnya jadi hari Selasa deh. Soalnya itu gelombang ibu-ibu bilang “mau liat baju” yaudahlah ya saya persilahkan aja untuk memilih dan membawa pulang baju-baju tersebut.

Rumah saya jadi tempat acara tebar busana muslimah :')
Pusying tapi saya senang! senang karena berhasil, senang karena mendapat sambutan baik banget dari temen-temen terbukti dari buanyak banget yang nyumbang baju, senang karena suami dan keluarga saya mendukung banget acara ini.

Btw, setelah pelaksanaan kan saya upload ya foto-fotonya di fb, ada temen-temen yang baru mau nyumbang baju. Nah, masa ditolak kan ye? Yaudah lah itu baju-baju mengalir tiada henti hingga akhir Ramadhan..AllahuAKBAR!

Saya dan suami membagi-bagikanya ke tetangga, terus kita juga bagi ke Pesantren di area Cikumpa ini. Masih satu RW sama rumah saya. Kirain udah habis bajunya eh ternyata masih sisa buanyak dong, huhu kita sempet bingung tuh mau dikemanain nih. Sempet ada ide disimpen aja untuk baksos berikutnya. Nah, terus ada kejadian kebakaran di belakang Senayan City itu loh, yang terbakar rumahnya itu 300 KK. Banyak banget kan semacam beberapa RW itu mah.

Yaudah saya sama suami sepakat untuk menyalurkan sisa baju-baju ke sana. Alhamdulillah sampai di hari itu juga berkat abang GRAB yang amanah. Huks. Makasi ya Bang!
Huhu, suka terharu kalo inget ini semua dari impulsifitas well bukan sih itu ilham dey dari Allah.. 

Iya, betapa Allah tuh Maha Kuasa bangeeet mengubah kekosongan menjadi isi atau sebaliknya. Sejujurnya saya tuh paling takut merasa sia-sia karena merasa ngga ngapa-ngapain. Alhamdulillah Allah kasih ilham untuk bikin acara ini

Duh, rasanya seneng banget liat seorang ibu tetangga saya yang saya amati dasternya ngga pernah ganti (serius deh) terus sekarang jadi ada baju lain yang dia pakai.. Atau ibu-ibu lain yang jadi suka mencoba-coba untuk pakai jilbab dari baju-baju sumbangan itu..

Duh, para donatur tersayang, dan para penyebar berita acara ini, kalian semua….ah, aku sayang kalian karena Allah :’) semoga selalu dalam hidayah Allah, dan sakinah dalam setiap peran hingga mendarat di jannah kelak.

Sampai ketemu di Cikumpa’s Project berikutnya!




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cikumpa’s Project Tebar Busana Muslimah"

Comment