Mba Ida Undercover


Sejak berencana (padahal bener-bener less prepared) seperti yang pernah caya ceritaindi sini, saya jadi jauh terlibat dalam proses pengobatan tetangga saya, Mba Ida Lasnawati.

Buanyak buangett yang terjadi sepanjang 1,5 minggu ini. Rasanya kaya kembali ke jaman SMA dimana setiap harinya itu penuh dengan kejadian, dan semuanya penting-penting. JIYEE DEAA. 

Hahahahahasyemm >,<

Dimulai dari kejadian pas Pak Camat Sukmajaya datang ke rumah Mba Ida hari Kamis13 April, beuuh. Heboh dah tuh sekampung. Pak Camat dateng pagi bener jam setengah 8 kurang. Saya dipanggil Bu Rw buat segera dateng.

Pas ketemu, saya langsung respect buangett loh. Dia mau duduk samping Mba Ida, di kamar yang kecil dan ngga rapih itu. Duduk di samping Mba Ida, Pak Camat menggali bagaimana ceritanya Mba Ida bisa mengalami tumor besar di lututnya.

Setelah ngobrol, Pak Camat langsung telpon sana-sini, semacam koordinasi sama Dirut RSUD Depok, terus sama Ketua Jamkesda Depok. Wuiiih. Ku cuma bisa bengong kak. Wkwkwk. Udah ganteng, putih, tinggi gede, baik hati, masyaAllah, baru tuh saya bangga punya camat. Biasanya cuma bisa iri sama orang Bandung yang punya Ridwan Kamil soalnya. Hihihihi ;P

Ngga begitu lama, datenglah Pak Lurah, Kepala Puskemas sama Ketua Jamkesda.
Huhuhuhu banyaak orang penting kota Depok pada dateeeng. Ku terharu kaaaak. Huks. 

Alhamdulillah alhamdulillah. Konon sih karena sehari sebelumnya gara-gara diwawancarai wartawan Radar Depok itu makanya langsung pada turun tangan.

Huaa maap ya pakbapak dan buibu, saya cuma niat menolong Mba Ida secepatnya. Maap kalo karena pemberitaan itu, jadi ada yang ditegur sama atasannya. Pfffftttt.

Alhamdulillah siang itu juga Mba Ida dibawa ke RSUP Fatmawati dengan menggunakan ambulans.. Ambulans-nya dari Puskesmas Sukmajaya looh. Duh, ku bangga sama Pak Camat. Wkwkwk. Karena itu ya kakaa kita wajib mengupayakan orang baik nan muslim yang memegang kekuasaan..Karena kekuasaan itu penting untuk mempercepat kebaikan

Begitu sampai Fatmawati, saya mengurus administrasi Mba Ida. Melalui jamkesda, Mba Ida didaftarkan di bagian administrasi oleh saya dan Bu Yul ibu PKK Rw 09 dan Bu siapa yah maap kulupa bu hahaha, ibu perawat Puskes Sukmajaya.

Karena syuper padet, Mba Ida ditempatkan di IGD (Instalasi Gawat Darurat) dulu. Duh itu bener-bener sebuah perjuangan untuk menemani Mba Ida di situ. Secara itu kan IGD ya bok, ya yang kecelakaan, muntah darah, kejang-kejang,, sampe ngga sadar, ngumpul semua lah di situ. Pfffft

Sembari menemani Mba Ida di IGD, saya gantian makan tuh. Secara udah jam 2 siang dan saya belum makan dari pagi. Asli. Suer. Ternyata kalau menolong orang itu emang bikin orang segendut appaun bisa menahan nafsu makan yaaa. Hahahahaha

Sebelum cari makan, saya berniat ambil duit dulu dari ATM tuh. Beres urusan ATM, saya masuk ke Restoran Bebek Renon atau apa itu yang depan parkiran hahaha. Baru duduk dan mesen makanan, tiba-tiba ada tangan mengulurkan kartu ATM di depan saya.

Seorang laki-laki usia 50-an, berkacamata, berkumis seperti Charlie Chaplin, sedang mengulurkan kartu ATM , dan dengan yakin berkata kepada saya, bahwa itu adalah kartu ATM saya yang tertinggal.

OMAYGAT! Itu beneran ATM saya. AAKKKK. Sambil agak histeris saya bilang bahwa saya ngga ngeh sama sekali dan saya berterimakasih sama bapak itu.

Dan tau ga, seluruh pengunjung restoran itu langsung kasih tepuk tangan , dan suruh saya doain biar bapak dokter itu murah rejekinya dansehat selalu. Hooo ternyata dia dokter …

Ternyata, beberapa hari kemudian, di hari operasinya Mba Ida, saya kan mendampingi tuh pas dibriefing. Eh ternyata dokter yang itu tuh yang membriefing saya. Yang menyelatkan kartu ATM saya. Haaah? Mulut melongo , tapi segeras fokus lagi karena inget ini briefing sebelum operasi. hihihi.

Superr kageet. Rencana Allah suka gitu sih ya, mengejutkan.. Mengalun kaya apa adanya, padahal sih tiap detik adalah rencana-Nya. Huhuhu

Mba Ida dioperasi dari jam 1.30 pm sampai 7.30 pm. Cukup lama banget. Deg-degan abis. Soalnya saya ngga bisa nemenin karena harus pulang jaga Ksatria. Operasi 6 jam yang luar biasa berat. 

Apalagi ternyata pas saya diceritaian kemudian bahwa biusnya itu lokal alias separo badan.

Huwaa!!Ngeri banget banget. Tapi kalo kata Mba Ida sih dia cuma kaya ngerasa dipegang tpai ngga ngerasa sakit. Huhuhuhu. Ku inget pas disesar kaaan jadinya… Sama-sama separo badan doang. 

Terus melalui pantulan lampu ruang operasi, ku bisa lihat kilatan-kilatan prosesi sesar. hiks udah ah

Alhamdulillah Mba Ida berhasil melalui operasinya. Padahal pendarahan 2x tuh, asli ngeri pas 
diceritain sama suaminya tentang detik-detik pas operasi berlangsung.

Awalnya ga tega mo liat Mba Ida pasca dioperasi, tapi ku harus kuat dong ya kaaan? Sedihh liatnya, apalagi ngilu pas liat Mba Ida latihan jalan pake tongkat kruk.

Ya Allah,,,
speechless banget waktu itu deh…sampai suka bingung mau ngobrolnya gimana sama Mba Ida. 

Pikiran-pikiran saya beradu, ngeri kalo kalimat yang saya keluarkan akan menyakiti Mba Ida. Akhirnya saya cuma banyak diam sama menjawab kalau Mba Ida bertanya.

Mba Ida dirawat selama 10 hari di RS. Sekarang Mba Ida udah di rumah..sembari pemulihan dan memantau jahitan oeprasinya, saya tetap menemani saat Mba Ida kontrol ke RS.

Asli deh, kadang mau ngeluh, capek, kesel, ngantuk. Tapi gimana yah, kasian dan saya kan ga tegaan dan ga bisa ngomong nggak, huhu. Sempet terpikir untuk rada keras dan menjauh karena gimanapun beberapa tanggung jawab saya yang lain jadi keteteran..Tapi ah sudahlah

Yuk luruskan niat lagi.. Semoga Mba Ida pulih dan bisa beraktivitas seperti sediakala. Dan saya sekeluarga diberi kesehatan dan hidayah selalu sama Allah..

Amiiin :')


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mba Ida Undercover"

Comment