Cikumpa’s Project


Halo, Assalamualaikum, para pembaca. Apakabarnya? Saya sedang hectic tapi hectic yang bikin seneng sih.

Jadi, saya mau menjalankan beberapa proyek kebaikan di daerah tempat saya tinggal, yaitu Cikumpa. Bagi yang baru baca blog ini, saya ceritain sedikit ya.. Cikumpa itu nama kampung di daerah Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

Udah lumayan sering sih yak saya cerita tentang Cikumpa. Sejak jadi emak-emak, saya jadi lebih bergaul di Cikumpa. Lama-lama saya jadi tau apa aja masalah yang ada di Cikumpa. Awalnya mungkin ngga keliatan, tapi seiring waktu kebuka juga.

Beberapa masalah utamanya udah saya list sih, contohnya

-Rendah kesadaran akan kesehatan
-Malnutrisi pada anak
-Kebersihan lingkungan
-Tingginya angka putus sekolah
-Langkanya lulusan PTN

Itu baru secara global aja ya… Pas semakin mendalami lagi bergaul di tengah-tengah Cikumpa, semakin terlihat masalah-masalah kongkrit yang hadir di depan mata saya. Maksudnya kongkrit di sini mungkin penting mendesak ya, karena kalau masalah prinsip sih emang nyata banget, kurangnya keimanan sehingga merembet ke pola pikir, pola asuh, pola pengambilan keputusan dalam hidup.

Bikin sedih pokonya. :”(

Kemarin, saya sempet bikin list masalah kongkrit apa aja yang ada di Cikumpa. Beberapa akan sangat lokal sekali ya, tapi ingin saya bagi di sini.

-Ada tetangga saya yang tumor lutut. Sudah membengkak sebesar galon. Disebabkan pengurutan tidak tepat guna sehingga sel-sel tumor pecah

-Ada anak tetangga saya yang usia 5 tahun belum bisa berjalan. Disebabkan syaraf atau otot kakinya ada yang mengalami penyempitan sebab terpapar obat-obatan warung non resep semasa di kehamilan.

-Tingginya intensitas jajan di anak-anak Cikumpa disebabkan ketiadaan dana yang cukup atau salah prioritas dana sehingga tidak bisa membuat lauk pauk yang sehat

-Balita dan bayi-bayi di Cikumpa sangat jarang yang diberikan ASI Ekslusif. Diperparah dengan pemberian SKM (Susu Kental Manis) yang minim nutrisi dan tinggi gula karena harga SKM yang lebih murah dan bisa terjangkau dibanding susu formula bernutrisi lainnya

-Tidak ada warga Cikumpa yang lulusan PTN. Padahal menjadi lulusan PTN will change a lot your mindset, baby.. Salah satu anak tetangga saya yang kelas XII menyatakan ingin masuk UI. Duh, saya seneng bener deh dengernya. Tapi dia tidak ada dana u/ masuk bimbel pendalaman materi semacam super intensif NF gitu.

Demikian. Udah sih. Keliatannya kalau ditulis kaya sederhana. Kalau menghadapi langsung bikin galau juga, sodara-sodara..

Galau karena mau membantu banget. Galau ingin ikut campur banget. Galau sempet kepikiran apa pindah rumah aja, abis saking ruwetnya Cikumpa. Tapi galau lagi liat balita-balita Cikumpa tiap nemenin anak saya main sore-sore.

Ya, akhirnya hidayah itu datang juga.. saya memberanikan diri melakukan sesuatu, walau kecil, semoga bisa membantu mengurai masalah-masalah yang ada di Cikumpa..Karena bagaimanapun, saya yang sehari-hari di rumah, sangat merasakan bahwa saya tidak bisa tidak berempati pada masalah-masalah mereka.

Huks.

Hal yang baru bisa saya lakukan adalah :

- Memulai inisiasi proyek penggalangan dana KITABISA.COM untuk tetangga saya yang tumor lutut

-Membuat lauk pauk sehat dengan jumlah lebih untuk dibagikan kepada keluarga miskin dengan 
balita. Semoga mengurangi jajan mereka. Dan minimal mereka bisa 1x makan sehat setiap harinya

- Memulai mengajak sahabat saya untuk berdonasi apapun yang dia bisa untuk membantu kondisi Cikumpa. Alhamdulillah, ada yang mau donasi susu formula u/ para balita dan susu bubuk u/ anak usia sekolah. Semoga bisa mulai memperbaiki nutrisi mereka

-Probing (mengajukan pertanyaan mendalam) sambil memotivasi anak tetangga saya yang menyatakan ingin masuk UI. Mungkin belum bisa bantu untuk dana bimbelnya. Semoga bisa jadi yang masuk UI dengan belajar rajin meski tidak bimbel.

Demikianlah, Demikianlah, sempet galau mau kerja lagi, beberapa hari murung, dan membaca bismillah sambil menabahkan hati, akhirnya saya putuskan untuk tetap di sini, di jantung Cikumpa..

Ada yang memiliki panggung di kampus , sedang S2. Ada yang memiliki panggung di kantor, sedang meraih karir. Ada yang menjalani keduanya.

Dan saya baru-baru kemarin ini akhirnya menginsyafi dalam-dalam,, saya mungkin ditujukan Allah berada di sini, di Cikumpa ini. Untuk menjadi yang satu-satunya ibu rumah tangga dengan pendidikan terakhir lulusan UI sehingga dengan ide-ide dan jaringan yang saya miliki, saya bisa membantu sedikit mengurai masalah di daerah ini.

Huf. Huuks.

Suka sedih tau kalau sehari-hari menghayati bahwa kita hidup di daerah yang bisa dibilang slum area. Teramat jauh dari bayangan ideal, ibu-ibu muslimah yang homeschooling anak-anak mereka, atau masjid komplek yang berdenyut dengan berbagai kajian keislaman, ibu-ibu yang arisan Halo Balita atau Hafidz Doll atau bapak-bapak yang saling koordinasi sebagai ketua RT untuk berinovasi dalam merekatkan persaudaraaan RT mereka masing-masing.

Huf. HUUU
Tapi masa-masa galau, sedih, acakadul, itu udah selesai
InsyaAllah saya siap di sini, di Cikumpa, dengan segala tabiat belum islami masyarakatnya, dan rumitnya berkelindan masalah-masalah mendasar di masyarakatnya…

Ready or not, here I am..

Buat yang mau donasi u/ warga Cikumpa berdasarkan kejadian di atas, hub.saya aja yak di dea.adhicita@gmail.com dan 0812-933-04193. InsyaAllah akan saya sampaikan dengan amanah dan saya kasih laporannya juga u/ donaturnya

Sekecil apapun bantuan kalian akan sangat membantu. Atau malah mau main menyemangati saya dengan bawain pizza juga boleh loh *ditoyorpembaca* heuheu.

Yaudah gitu aja curhatnya. Nantikan link kitabisa.com nya yaa

Kiss kiss dari Cikumpaaah!:* : * : *

Update tanggal 8 April 2016:
1.Sahabat saya Nela, telah membantu saya memfoto tetangga saya yang mengalami tumor lutut itu. Foto itu akan digunakan untuk kampanye penggalangan dana via website kitabisa.com. Saat ini kampanye untuk tetangga saya itu sedang dalam tahap finishing (tinggal upload scan KTP sebagai verifikasi akun saya sebagai campaigner).

Mohon maaf sebelumnya, ini foto tetangga saya



2.Untuk kasus tetangga saya yang warga asli Cikumpa kelas XII ingin masuk UI tapi belum bimbel, suami saya telah melakukan penggalangan dana di kalangan teman-temannya dan berhasil mengumpulkan dana sebesar 2,6 juta. Rencananya, besok saya akan menemaninya untuk daftar ke Super Intesif, program masuk PTN dari NF.

Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah alhamdulilah

Ayo yang mau bantu, tunggu yah kitabisa.com atau mau bantu yang lain juga boleh. Hubungi saya aja. I'm really really glad if you can help all Cikumpa's Project.

See you in another update, readers!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cikumpa’s Project"

Comment