Contoh Birth Plan


(Sebuah birth-plan yg menginpirasi sekali)

Birth plan / Birth Reference Eva

FROM: Evariny
TO: Tantri Maharani, Adi Rahman, Lanny Kuswandi.
       
Message flagged
Tuesday, May 1, 2012 12:05 PM

Dear mami Lanny, mbak Rini & de' adi, terlampir tulisan ini yang mewakili Birth Plan/birth reference aku ya..

Insya Allah due date adalah tgl 23 Juni 2012, yang artinya, persiapan untuk melahirkan di rumah (homebirth-gentlebirth-lotusbirth) sudah aku siapkan selambat2nya tanggal 2 Juni 2012 (37 minggu). 

Plan A : Rencana untuk proses kelahiran: home birth, gentle birth, lotus birthPlan B : Terjadi kasus emergency pada Proses melahirkan Plan A sehingga harus segera ke RS (RS Mitra Keluarga kelapa gading 5-10 menit dari rumah)Plan C : Tidak memungkinkan utk proses melahirkan normal, sehingga direncanakan untuk bedah cesar. 

Plan A (homebirth,gentlebirth,Lotusbirth). Berikut rencana :

1. Begitu sudah muncul tanda persalinan (lendir darah atau kontraksi asli) aku akan langsung kontak Bu Lanny, Mbak Rini dan dr Adi via telpon/sms/bb (manapun yg paling cepat). Mohon maaf sebelumnya kalau waktunya kurang manusiawi :) mis:tengah malam/dini hari. Aku sangat berharap 3 orang tercintaku ini bisa mendampingi saat bersalin. Tapi kalau ternyata sudah sore/malam, aku ikhlas seandainya dr Adi ngga bisa "terbang" dari jogya. 

2. Di rumah, aku akan sediakan max 3 kamar untuk beristirahat (dengan kemungkinan mbak Rini datang bawa rombongan keluarga, jadi aku akan persiapkan juga kamar untuk keluarga). 

3. Ibuku akan hadir juga untuk bantu (jaga Raka dan membantu mengurus kebutuhan emergency lainnya spt kalau butuh snack atau makan siang utk para pendamping tercinta).  

4. Letak kamar mandi berada di dalam kamar tidur. Perlengkapan yg nanti aku persiapkan sbb :
a. Karpet handuk anti slip di seluruh lantai kamar mandi
b. Handuk besar-sedang-kecil sesuai kebutuhan
c. Susunan lilin, essence dan aromaterapi di sekeliling kamar dan kamar mandi (aku akan menggunakan aroma jasmine krn aku suka wanginya dan bisa bantu meringankan rasa sakit + melancarkan kontraksi)
d. Sprei tempat tidur akan diganti dgn yg baru dan dilapisi alas utk saat aku IMD nanti. 
e. Gym ball 
f. Baskom/wadah untuk plasenta
g. Peralatan baby dan perlengkapan mandi baby (utk setelah IMD)
h. Bak mandi (sudut) baru akan diisi air setelah pembukaan 5 atau menunggu instruksi dari para pendamping
i. Tas,baskom & kanebo untuk tempat plasentaj. Alat tensi (digital)
k. Saringan (utk menyaring feses kalau2 keluar saat melahirkan *malu ih*)

Beberapa perlengkapan ini yg rencananya akan aku persiapkan, mohon petunjuknya jika ada hal lain yg harus aku persiapkan ya. 

Nah kalau berikut ini adalah hal2 yg aku inginkan nanti :
1. Nama panggilan calon baby-ku adalah Ana. Jadi kalau nanti bantu komunikasi di saat persalinan & melahirkan, aku harap semua bisa ikut langsung sebut namanya ya :) 
2.Alat2 cukur untuk area vagina apa perlu aku siapkan atau mbak Rini? Please advice
3. Perlengkapan utk plasenta spt garam, bunga2 apa aku yg persiapkan? Mungkin utk garam-nya aku mohon bantuan ya krn yg aku punya garam kristal yg utk menyimpan pendulum. Apa sama?
4. Utk bunga2 yg diletakkan pada plasenta, aku ingin jenis bunganya melati aja (kalau memungkinkan). Aku akan coba sediakan sendiri lewat toko bunga yg dekat rumah. 
5. Aku ingin suamiku ada saat lahiran (mudah2an ngga lagi dinas), kalau tdk ada mas, nanti mamaku ada di dalam kamar mandi. Tapi ruang kamar mandinya nggak besar2 amat, jadi mudah2an nggak terlalu crowded kalau semua ikut masuk :)
6. Tapi aku ngga mau suamiku ikut masuk ke dalam bak mandi.. 
7. Saat menunggu pembukaan, aku mohon bantuannya utk memantau kondisi kesehatanku secara menyeluruh (tekanan darah, detak jantung baby) jadi apa mungkin kalau salah satu dari pendamping bisa bawa perlengkapannya? Butuh mini doppler mungkin ya.. Krn aku ga punya
8. Kalau bisa cek pembukaan dilakukan seminimal mungkin ya.. Aku ga nyaman kalau keseringan :D
9. Aku percayakan sepenuhnya pada bimbingan mami, mbak rini dan de adi nanti saat persalinan, apapun cara yg bisa dilakukan untuk memperlancar prosesnya spt akupresur, hypnobirthing, pijat,gerakan2 menggunakan gymball dsb. 
10. Setelah proses melahirkan, aku ingin IMD. IMD dilakukan di tempat tidur. Pertanyaanku, apakah IMD dilakukan setelah plasenta lahir atau plasenta dilahirkan di tempat tidur sambil melakukan IMD?
11. Posisi melahirkan sebenarnya aku ngga ingin litotomi, kalau bisa aku ingin nungging atau jongkok. Tapi semua ini ditentukan gimana enaknya badanku menuntun aja saat sudah di dalam bak  
12. Seandainya terjadi robekan pada perineum, mohon bantuannya mbak Rini utk siap peralatan menjahit *hehe* 
13. Setelah IMD selesai, Ana & plasentanya bisa dimandikan dan diberikan suntikan vit K + imunisasi hepatitis B(mbak Rini pesen yaaa. Perlu tetes mata antibiotik juga kah?)
14. Perlukah buat langsung nimbang dan ngukur panjang badannya? Gak punya timbangan bayi :D
15. Kalau Raka ingin lihat proses lahir adiknya (dan mamanya jg ngga teriak2 horror), boleh ya.. Biarkan dia ada dan liat adiknya lahir. Nggak akan traumatik utk dia khan ya?
16. Hampir setiap hari aku bersenandung/nyanyiin lagu favoritku selama hamil, utk Ana dan Raka. Judul lagunya "Smile" (dari charlie chaplin). Aku berencana utk menyalakan lagu ini saat Ana mulai crowning, mudah2an ngga mengganggu suasananya.. Soalnya bagus kata2nya :) aku tulis text-nya di bawah deh hehehe..

Ini adalah birth plan A jika semua lancar.. Amin. Mudah2an mami tidak sedang sibuk, mbak Rini bisa ngebut ke Jakarta, de adi juga bisa ke jakarta. 

Mohon jawabannya dan kira2 apa saja informasi lain atau perlengkapan lain yg perlu aku siapkan berkenaan dengan proses homebirth/waterbirth/lotusbirth nanti. 

Birth Plan B
1. Seandainya ada kondisi emergency yang tidak memungkinkan utk lahir di rumah, mobil akan siap utk langsung ke RS
2. Suami akan langsung menghubungi dokterku (dr boy) dan aku langsung masuk ke UGD

Birth Plan C
Mudah2an nggak sampe harus kesini krn insya Allah sampai sejauh ini semuanya baik. Posisi janin pun sudah kepala di bawah tanpa lilitan. 

Checklist utk mbak Rini (tolong infoin aku aja kalau ada yg bisa aku siapkan sendiri ya mbak) :- vaksin2 newborn- vit K- tetes mata antibiotik (kalau memang butuh)- surat keterangan lahir- peralatan2 lain (spt utk cukur V *hihi*)- perlengkapan utk simpan plasenta (garam dsb)- doppler


Contact :
Nomor hp eva 0811xxxxxx Nomor hp mas (irwan) 0811xxxxxxNomor tlp rumah eva 021-450xxxx Nomor hp mamah eva (ibu harbani) 0811xxxxxxxx


---Text lagu "Smile" by Nat King Cole

Smile, though your heart is aching
Smile, eventhough it's breaking
When there are clouds in the sky
You'll get by
If you smile through your fears and sorrows
Smile, there maybe tommorow
You'll see the sun come shining through
For you..

Light up your face of gladness
Hide every trace of sadness
Although the tears maybe ever so real
That's the time you must keep on tryingSmile, what's the use of crying
You'll find that life is still worthwhile
If you just smile...


Best regards,~*~*~*~*~*~*~*~Evariny Andriana
twitter : @evariny

***


subhanallah yaa~
*sambil elus-elus perut*
*nanti kita bikin birth plan ya nak, sama ayah, bertiga ya sayangkuu*

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Birth Plan"

Comment